RSS
Facebook
Twitter

Monday, June 17, 2013

Nasehat Orang Tua Kepada Anak

Nasehat Orang Tua Kepada Anak- Saudara sekalian, hampir satu bulan saya tidak sempat posting artikel di blog ini, maklumlah banyak sekali kesibukan-kesibukan yang tidak mungkin saya tinggalkan. Pada postingan kali ini saya mencoba berbagi dengan anda tentang hak dan kewajiban orang tua terhadap anak. Salah satu kewajiban orang tua terhadap anak ialah memberi nasehat, mudah-mudahan artikel ini bermanfat untuk anda.  

Mendidik dan membesarkan anak sehingga menjadi anak yang soleh dan solehat adalah salah satu kewajiban orang tua yang harus dilaksanakan. Disatu sisi setiap orang tua tentu merasa bangga melihat buah hatinya tumbuh dewasa dan bisa berbuat baik kepada kedua orang tuanya.  Namun disisi lain pada kenyataannya, banyak orang tua yang kurang mengerti cara mendidik anak yang baik dan benar.

Sebetulnya mengurus atau mendidik anak itu susah-susah gampang. Salah satu cara terbaik dalam mendidik anak agar menjadi pribadi yang baik ialah memberi nasehat-nasehat yang baik kepada anak. Kemampuan orang tua dalam memberi nasehat kepada anak sebetulnya harus dimiliki oleh masing-masing orang tua. Sebab nasehat orang tua kepada anak merupakan wujud kasih sayang dan perhatian kepada anak. Dan disamping itu juga nasehat merupakah sebuah peringatan yang sifatnya bisa menjadikan seseorang termotivasi untuk melakukan yang lebih baik atau bisa merubah kepribadian seseorang ke arah yang lebih baik.

Saudara sekalian, tentu anda semua tahu tentang nasehat Lukman kepada anaknya. Dalam Al-Qur'an surat Lukman ayat 13 Allah SWT berfirman :

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ*سورة لقمن :13

Artinya : 
Ketika itu Lukman memberi nasehat kepada anaknya, "Wahai anakku, janganlah kamu menyekutukan kepada Allah, sesungguhnya perbuatan menyekutukan kepada Allah adalah aniaya yang besar".

Dalam ayat ini, Lukman memberi nasehat kepada anaknya supaya tidak menyekutukan Allah SWT. Ayat ini menunjukkan bahwa betapa perhatiannya seorang Lukman kepada anaknya, dengan bentuk memberi nasehat kepada anaknya supaya tidak berbuat syirik kepada Allah SWT. Hikmah yang bisa kita ambil dari ayat ini adalah ajaklah anak untuk berbuat baik sejak dini mungkin dan tanamkan keyakinan agama (aqidah) kepada anak.  

Kemudian dalam nasehat selanjutnya Lukman mengajarkan anaknya untuk bersyukur kepada Allah dan berbuat baik kepada kedua orang tua. Dalam firman Allah disebutkan :



وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ* سورة لقمن : 14


Artinya :
"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu."

Dalam ayat ini, Allah perintah kepada manusia supaya berbuat baik kepada kedua orang tua. Dalam hal ini dijelaskan betapa beratnya seorang ibu ketika mengandung sampai melahirkan, setelah itu menyapih anaknya dalam kurun waktu dua tahun. Ini merupakan pengorbanan seorang ibu yang sangat luar biasa dan taruhannya nyawa. Oleh karena itu sudah sepantasnya seorang anak berbuat baik kepada kedua orang tua terlebih lagi kepada seorang ibu karena pengorbanan-pengorbanannya.

Dalam sebuah hadits dari musnad Ibnu Sihab Nabi bersabda :


عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: الْجَنَّةُ تَحْتَ أَقْدَامِ الْأُمَّهَاتِ* ابن الشهاب

Artinya : Dari Anas bin Malik ia berkata : "Rasulullah bersabda : Surga itu dibawah telapak kaki ibu"
 
Hadits ini menerangkan bahwa betapa pentingnya sosok seorang ibu. Seorang anak tidak akan masuk ke dalam surga tanpa keridoan seorang ibu. 

Untuk itu selaku orang tua supaya bisa mendidik dan mengarahkan anaknya supaya bisa berbuat baik kepada kedua orang tua. Tentu sebagai orang tua tidak tega apabila anaknya tidak mendapat keridoan dari Allah (tidak masuk surga) disebabkan karena kedurhakaannya.

Banyak cara dalam mendidik anak, yang terpenting dalam mendidik anak adalah dengan penuh kesabaran dan usaha yang keras, Insya Allah akan membuahkan hasil yang baik. Nah, oleh karena itu, jangan bosan-bosannya untuk memberi nasehat pada anak, ketika anak berbuat sesuatu yang tidak baik jangan segan-segan untuk menasihatinya dan jangan sampai melakukan pembiaran terhadap perilaku anak yang kurang baik.

Demikianlah coretan artikel yang sedikit ini, mudah-mudahan artikel tentang Nasehat Orang Tua Kepada Anak bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Post a Comment